Wisata Gunung Di Kerinci



Banyak hal menarik di Gunung Kerinci selain statusnya sebagai gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Jalur pendakian gunung ini menembus setidaknya dua formasi hutan berdasarkan ketinggian, mulai dari hutan hujan pegunungan (1500 – 2500 m dpl) yang didominasi oleh famili Dipterocarpaceae, Lauraceae dan Myrtaceae sampai formasi hutan sub alpin dengan jenis tumbuhan dominan dari famili Lauraceae, Fagaceae dan Ericaceae. Wilayah sekitar gunung kerinci juga jadi tempat yang menarik untuk melakukan pengamatan satwa terutama burung. Di sekitar lokasi itu bahkan ditemui burung Paok Kepala Besar (Pitta schneider) yang sudah seratus tahun tidak pernah ditemukan.
Gunung Kerinci terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci Jambi dan Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Hanya ada satu jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung ini yaitu dari Desa Kersik Tuo Kecamatan Kayu Aro yang berjarak ± 40 km dari Sungai Penuh. Jalur pendakian tersebut berupa jalan setapak yang telah dilengkapi papan penunjuk arah serta beberapa shelter untuk beristirahat. Terdapat juga beberapa mata air, tetapi terkadang kering pada musim kemarau sehingga disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup banyak dari bawah. Dengan berjalan santai diperlukan waktu 10 – 12 jam untuk mencapai puncak Gunung Kerinci.


Gunung Lainnya

Gunung Seblat secara administrasi terletak di Kabupaten Lebong kecamatan Lebong Utara.Desa sekitar gunung Seblat antara lain Air Lisai, Seblat Ulu, Katenong .Untuk menuju puncak seblat dapat dilakukan dari Desa Air Lisai, Desa Seblat Ulu, Desa Katenong atau Dapat dilakukan trekking dari Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Provinsi Jambi.Hutannya masih lebat, terdapat padang satwa dan sumber air panas.

Gunung masurai berada di Dusun Sungai Lalang, Desa Nilo Dingin, jalan lintas ke Jangkat (jalan kaki 6 jam mencapai puncak atau berkisar 10 km..Terdapat dua danau yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabuk yang akan dilewati jalannya sebelum mencapai puncak, panorama alamnya sangat menarik.Hutannya relatif masih baik kondisinya. Aksesibilitas Bangko – Jangkat – Nilo dingin ( 6 Jam perjalanan mobil), Nilo dingin – Sungai lalang – puncak ( 6 Jam berjalan kaki ).

Gunung raya merupakan gunung kedua tertinggi di Kabupaten Kerinci setelah Gunung Kerinci. Gunung ini sudah tdak ada aktivitas vulkanologinya. Gunung Raya terletak antara Kecamatan Sungai Penuh ( Desa Renah Kayu Embun ) – Kecamatan Gunung raya ( Lempur ).Tinggi lebih kurang 2500 M dpl.
untuk menuju lokasi ada 2 jalur :Jalur Sungai penuh – Renah kayu Embun ( 2 Jam perjalanan mobil ) – puncakJalur Sungai penuh – Lempur - puncak

Kawasan gunung sumbing terletak di desa Nilo dingin ( 18 Km dari Gunung Masurai ) kawasan ini banyak terdapat padang pengembalaan satwa, Puncak Gunung, Sumber air panas, danau dan hutan lebat.
AKSESSIBILITAS
Bangko – Jangkat – Nilo dingin ( 6 Jam perjalan mobil )
Nilo dingin – puncak sumbing ( 4 Jam perjalanan kaki )

Gunung Belerang adalah gunung aktif lain yang sering dikunjungi. Di lokasi menjelang puncaknya terdapat hamparan Taman Rayo/Taman Gedang serta sumber air panas (Grao) Sikau. Berbagai jenis anggrek dan Nephentes turut menghiasi panorama daerah ini. Genangan air membentuk telaga-telaga yang elok dengan tebingnya yang curam. Salah satunya adalah Telaga Dewa.
AKSESSIBILITAS
-1. Sungai penuh – Talang kemuning
( 1 Jam ) .
-2. Talang Kemuning – Puncak ( 6 – 7 Jam perjalanan)
(http://kerinciseblat.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar